Monday, March 25, 2019

Prediksi Akhir Charta Politika: Jokowi-Ma'ruf 53,6%, Prabowo-Sandi 35,4%

Instansi survey Charta Politika Indonesia melaunching hasil survey nasional paling baru pasangan Calon presiden serta Calon wakil presiden nomer urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) serta nomer urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno (Prabowo-Sandi). Akhirnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul atas lawannya Prabowo-Sandi.

Baca juga : Jurusan di POLINDRA

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya menjelaskan kepopuleran pasangan nomer urut 01 sebesar 53,6%. Sedang Prabowo-Sandi 35,4% serta yang tidak tahu serta tidak jawab 11,0%. Beda ke-2 paslon sebesar 18,2%.

"Pada pengujian tingkat kepopuleran pasangan Jokowi-Ma'ruf mengungguli Prabowo-Sandi," jelas Yunarto waktu melaunching hasil surveinya di Kantor Charta Politika, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2019).

Yunarto menjelaskan, perkiraan ini tidak dapat dipandang 100% valid akan dapat dibuktikan pada 17 April waktu pengambilan suara dikerjakan. Akan tetapi perkiraan ini berdasar pada penemuan survey di lapangan pada tingkah laku pemilih ini hari.

Menurut Yunarto, lembaganya akan melaunching hasil survey paling akhir satu hari sebelum waktu tenang atau 13 April untuk pastikan apa berlangsung pergeseran calon pemilih. "(Hasil survey nasional) Ini cuma untuk membaca tingkah laku pemilih," katanya.


Baca juga : Jurusan di UNSIKA

Ia memberikan, pengumpulan data survey dikerjakan pada 1-9 Maret lewat interviu tatap muka dengan cara langsung memakai quesioner tersusun dengan jumlahnya sampel sekitar 2.000 responden yang menyebar di 34 propinsi. Survey ini memakai cara acak bertingkat (multistage acak sample) dengan margin of error kurang lebih 2,19% pada tingkat keyakinan 95%.

No comments:

Post a Comment