Thursday, February 14, 2019

Ziarah ke Makam Sunan Bonang, Sandi Disambut Ratusan Pelaku UMKM

Cawapres (calon wakil presiden) Sandiaga Salahuddin Uno bertandang ke Tuban, Jawa Timur, Kamis (14/2/2019) ini hari. Dalam kunjungannya, Sandi berjumpa dengan penduduk serta berziarah ke makam Sunan Bonang, di Jalan KH Mustain, Kutorejo.

Baca juga : Biaya Kuliah POLMAN

Waktu masuk kompleks pemakaman, beberapa ratus pedagang yang penuhi lorong ke arah makam menyambutnya. Ada yang minta photo bersama dengan sampai memberi batik.

Hajjah Nunung, pemilik toko batik Sidomakmur yang ada di muka pintu masuk memberi batik gedog pada bekas Wakil Gubermur DKi ini.
“Ini batik gedog, diberi nama gedog sebab dahulu pakaiannya dirajut dengan memakai alat pintal. Waktu memintal diujung berbunyi dhog-dhog. Tetapi saat ini telah jarang yang memintal bahan, semua bahan jadi," kata Nunung.

Nunung juga mengutarakan faktanya memberi batik pada Sandi. "Suvenir saja. Kasih suvenir selamat hadir serta lebih perhatian pada entrepreneur kecil serta menengah," harapnya.

Sandi lihat wisata ziarah dapat menggerakkan ekonomi penduduk sekelilingnya. Penjual yang penuhi lorong selama kira-kira 200 mtr. ini, jual beberapa bermacam barang. Dari kuliner, batik, pernak-pernik accessories dari gelang, kalung sampai tasbih.

Baca juga : Biaya Kuliah ISI SOLO

“Di semua tempat ziarah yang saya datangi di semua Indonesia, geliat ekonomi beberapa aktor UMKM begitu rasanya. Ini menunjukkan wisata ziarah dapat memberi efek positif, buat penduduk sekelilingnya. Menggerakkan ekonomi serta menyerap lapangan kerja. Tinggal kita naikkan kembali," katanya.

Sebelum bergerak ke arah titik setelah itu, Seseorang ibu menyerahkan batiknya pada Sandi. Batik berwarna biru dengan merk dagang Yati Batik "Terima Kasih batiknya, bagus ini Bu Yati," kata Sandi.

No comments:

Post a Comment