Wednesday, February 6, 2019

Rekrutmen PPPK Dibuka Mulai 8 Februari

Rekrutmen pegawai pemerintah dengan kesepakatan kerja (PPPK) step pertama akan mulai dikerjakan mulai 8 Februari. Pemerintah dalam rekrutmen kesempatan ini akan mengutamakan pekerja-pekerja lembaga yang telah mengabdi (honorer).

Susunan yang akan dibuka pada rekrutmen kesempatan ini yaitu tenaga guru, tenaga kesehatan serta penyuluh pertanian. Tiga bidang itu adalah bagian yang tenaganya banyak diperlukan oleh pemerintah.

Baca juga : Jurusan di POLSRI

“Jadi tenaga honorer pada tiga bidang itu tidak butuh cemas sebab penerimaan PPPK diutamakan buat tenaga honorer yang awal mulanya telah kerja di bidangnya semasing. Penerimaan dikerjakan sebab pemerintah memang memerlukan banyak tenaga pada bidang itu,” kata Menteri Pendayagunaan Perangkat Negara serta Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin lewat info tercatat di Jakarta, (3/2).

Awal mulanya, waktu berjumpa dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, (3/2), beberapa tenaga honorer penyuluh pertanian menanyakan status pengangkatan mereka menjadi pegawai negeri.

Presiden Jokowi dalam peluang itu mengharap tempat penerimaan pegawai bisa di isi tenaga honorer penyuluh pertanian yang telah mempunyai pengalaman bertahun-tahun sebab mengusung tenaga penyuluh pertanian yang telah memiliki pengalaman tambah lebih baik. Pemerintah pun sudah menerbitkan Ketentuan Pemerintah Nomer 49 Tahun 2018 mengenai Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Kesepakatan Kerja (PPPK). Ketentuan ini buka kesempatan seleksi serta pengangkatan buat tenaga honorer yang sudah melebihi batas umur pelamar pegawai negeri sipil (PNS).

Terpisah, Pusat Pemrosesan Data Skema Seleksi Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) Nasional Tubuh Kepegawaian Negara (SSCN BKN) sampai Senin (4/2) sudah mengambil keputusan 21.359 Nomer Induk Pegawai (NIP) CPNS 2018.

Baca juga : Jurusan di PNJ

“Jumlah itu adalah sisi penyelesaian dari saran penentuan NIP sekitar 23.822 peserta yang masuk ke BKN,” kata Kepala Biro Jalinan Penduduk BKN Mohammad Ridwan.

Saran itu datang dari 34 lembaga pusat serta 56 lembaga daerah. Proses penentuan NIP ini akan berjalan sampai batas waktu penyampaian berkas NIP CPNS 2019 di akhir Februari yang akan datang.

Ridwan memberikan, tiap-tiap CPNS yang telah memperoleh NIP mesti melakukan waktu eksperimen saat 1 tahun, yang adalah waktu prajabatan semenjak terhitung mulai tanggal (TMT) CPNS.

No comments:

Post a Comment